Saturday, April 19, 2014

Tahukah anda cara membaca perasaan lawan bicara anda



Pada saat ini perkembangan teknologi komunikasi berkembang pesat tanpa batas, manusia  berlomba – lomba menciptakan teknologi komunikasi yang canggih agar individu yang satu dengan yang lainya dapat saling berkomunikasi secara cepat, mudah tanpa hambatan ruang dan waktu baik hambatan berupa batas geografis ataupun batas negara.
Komunikasi menjadi kunci penting bagi individu karena komunikasi yang baik dapat membantu individu  dalam meraih tujuan yang diharapkan. Teknologi komunikasi berperan hanya sebagai media pembantu individu dalam melakukan komunikasi sedangkan proses berlangsungnya komunikasi tergantung kepada individu yang melakukan komunikasi tersebut.
Banyak masalah timbul yang diakibatkan oleh kurangnya kemampuan berkomunikasi sehingga komunikasi yang dilakukan menimbulkan sesuatu yang merugikan. Seperti orang tua selalu berharap ketika anaknya dewasa dapat menjadi individu yang baik, mandiri dan memiliki manfaat bagi individu yang lainya, seorang laki – laki yang menyukai seorang wanita dan berharap dapat membina rumah tangga dengan menyatakan isi hatinya kepada wanita tersebut dan berharap siwanita dapat menerimanya, seorang kekasih atau pacar ingin memberikan kebahagian kepada pasangan maka ia merancang sebuah kejutan yang diharapkan dapat membahagikan keksasinya, semua itu memerlukan komunikasi yang baik karena kalau tidak dikomunikasikan dengan baik tujuan yang diinginkan tidak akan tercapai bahkan menimbulkan suatu masalah yang pelik yang menggangu pikiran individu tersebut.
Agar pengharapan yang diinginkan oleh individu tersebut dapat tercapai, individu  tersebut harus mampu membuat lajur komunikasi dengan individu yang dituju. Dengan cara memposisikan individu sesuai dengan apa yang diharapkan olehnya, karena tidak jarang individu memaksakan yang diingikanya kepada individu yang dituju sehingga terjadi kontradiktif antara harapan yang diinginkan dengan hasil yang diperoleh.
Bagaimana cara membangun jalur komunikasi dengan individu yang kita tuju? Membangun komunikasi bukanlah hal yang mudah terutama membangun komunikasi dengan individu dalam usia perkembangan seperti anak remaja. Dimana pada periodea usia  tersebut individu sangat ekpresif atas apa yang dirasakan dan dinginkan tanpa menghiraukan pendapat individulainya.
Untuk dapat membangun jalur komunikasi yang baik kita harus mampu membaca pesan yang tersirat pada ekpresi individu ketika berkomunikasi dengan kita, pada kesempatan ini kita akan membahas “menangkap pesan dari ekpresi orang ”.  bahasan yang kita bahas bedasarkan buku “I Can Read You Like a Book” karya Gregory Hartley dan Maryann Karinch dimana pada buku tersebut dibahas berbagai ekpresi individu ketika merespon segala sesuatu yang mengarah pada diri individu tersebut.
Untuk dapat membaca ekpresi yang muncul dari individu sehingga kita dapat membaca pesan yang disampaikan tanpa perlu kata –kata kita dapat melihat dari bahasa tubuh atau gimik individu tersebut. Berikut hal yang harus kita pahami ketiak membaca melalui ekpresi.
Langkah pertama kita harus memahami bahasa tubuh, bahasa tubuh dapat dikatakan sebagai bahasa tertua yang dimiliki oleh manusia  karena bahasa tubuh merupakan bahasa yang dipakai oleh manusia purba sebelum peradaban manusia berkembang sampai seperti saat ini, manusia purba menyampaikan segala rasa yang dirasakan tidak menggunakan kata melainkan  mengunakan gerakan tertentu sebagai penyampai pesan hal tesebut terjadi karena tingkat kecerdasan manusia purba masih rendah,  berkiut adalah cara memahami bahasa tubuh

(DETAIL MENGENAI BAHASA TUBUH AKAN SEGERA DI POSTING)

No comments:

Post a Comment